Breaking News
Tempat Wisata Bogor Jasinga Hanya 2,5 Jam Dari Jakarta

Tempat Wisata Bogor Jasinga Hanya 2,5 Jam Dari Jakarta

Tempat Wisata Bogor Jasinga – Jasinga adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Indonesia. Jasinga terletak di sebelah barat kota Bogor, berjarak sekitar 50 km. Kecamatan Jasinga merupakan sebuah kecamatan yang berbatasan langsung dengan Provinsi Banten.

Batas sebelah selatan terletak di Kampung Cigelung, tengah Kampung Cisarua, dan utara Desa Tarisi. Letak kota Jasinga sendiri sekitar 100 km dari Jakarta jika melalui jalur Tangerang-Tigaraksa-Tenjo. Kecamatan ini menjadi persimpangan jalur dari Bogor menuju Rangkasbitung dan Tigaraksa. Jarak dari Jasinga menuju Tigaraksa sendiri tidak begitu jauh, yaitu sekitar ± 35 Km jika melalui Stasiun Tenjo dan Tigaraksa Golf & Resort (d/h Takara) yang berada di wilayah Sodong, Tigaraksa, Tangerang.

Tempat Wisata Bogor Jasinga Berasal Dari Karajaan Tarumanegara

Jasinga berasal dari kata JAYASINGAWARMAN yang merupakan nama raja pertama dari kerajaan Tarumanegara. Dengan demikian diperkirakan pusat Kerajaan Tarumanagara pertama kali kemungkinan berada di kawasan Jasinga sekarang. Di Desa Pangradin, salah satu desa di kecamatan Jasinga, masyarakat setempat percaya bahwa dahulu kala raja dan para pembesar sering beristirahat di sebuah bukit yang sekarang bernama Bukit Kaso, yang terletak di Kampung Pangradin I, Desa Pangradin.

Pada umumnya masyarakat Jasinga berprofesi sebagai petani, pedagang, dan buruh di Jakarta dan Tangerang.

Peta Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor
Peta Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor

Nama-nama Kelurahan/Desa di Kecamatan Jasingan, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

  • Bagoang
  • Barengkok
  • Cikopomayak
  • Curug
  • Jasinga
  • Jugala Jaya
  • Kalongsawah
  • Koleang
  • Neglasari
  • Pamagersari
  • Pangaur
  • Pangradin
  • Sipak
  • Setu
  • Tegal Wangi
  • Wirajaya

Desa Pangradin Jasinga Bogor

Pangradin adalah sebuah desa di kecamatan Jasinga, Bogor, Jawa Barat, Indonesia. Desa ini terbagi menjadi beberapa kampung. Antara lain: Pangrain I, Pangradin II dan Lebak Uni. Sebelumnya, Pangradin termasuk desa tertinggal. Rata-rata penduduknya bermata pencaharian sebagai petani, petani penggarap dan buruh tani.

Trending 👉:  Wisata Bandung View Bagus

Namun dalam beberapa tahun belakangan telah terjadi perubahan signifikan dengan dikembangkannya sektor pertanian, khususnya hortikultur. Tanaman sayur-mayur, sehingga sekarang menjadi salah satu sentra penghasil sayuran organik seperti: cabe, kangkung, kacang panjang, bayam dan sebagainya.

Hal tersebut terjadi karena peran seorang pemuda yang mau mengabdikan dirinya menjadi petani membangun desa Pangradin sehingga diangkat menjadi pemuda pelopor. Berkat kerja keras Surya Widya Saputra dan dukungan penuh dari kepala desa, masyarakat desa Pengradin mulai membudidayakan tanaman sayur-mayur dengan omzet hingga mencapai jutaan rupiah per hari.

Sebenarnya, Desa pengradin termasuk desa yang subur, baik untuk pertanian maupun sebagai perkebunan. Tanaman yang banyak dikembangkan oleh penduduk adalah padi, palawija, Manggis, Durian dan Cengkeh. Selain sektor pertanian, warga Pangradin juga kini tengah melangkah menapaki usaha jasa, kerajinan,dan peternakan. Di sektor jasa contohnya kini telah banyak konveksi rumahan yg menerima pesanan jahitan seragam lengkap dgn sablon nya. Di sektor peternakan juga telah menjadi penghasilan tetap warganya dgn di budidayakan nya ternak ayam, lele, dan kambing.

Desa Pangradin  juga mempunyai potensi sebagai desa wisata dengan adanya Taman Wisata Curug Bandung yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Halimun-Salak yang kini sudah mulai ramai. Banyak para wisatawan yang berasal dari daerah lain seperti dari Tangerang dan Jakarta.
(Wikipedia.org)

VIDEO – Desa Wisata Pangradin, Tempat Wisata Bogor Jasinga

YouTube video

Wisata Alam di Jasinga Bogor

  • Situ Kadongdong di Desa Koleang
  • Batu Bilik Gunung Angsana di Desa Setu
  • Curug Bandung Gunung Pangradin di Desa Pangradin
  • Curug Cimaok di Desa Pangradin

Wisata Sejarah di Jasingan Bogor

  • Makam Suhada / Makam Pahlawan 28 di Desa Jasinga
  • Monumen Batu Kewadaan Jasinga di Desa Pamagersari
  • Makam Tua Batu Nisan Masa Kerajaan di Desa Jasinga
  • TPU Cidangiang – Makam Aki Jumpul
  • TPU Pagutan
  • Area Pemakaman Gunung Kulantung (Makam Ki Lantung Pemakaman paling puncak Gunung Kulantung, Mbah Buyut Surabaya di bawah pohon Jatake/Gandaria, makam K.H Dairam
    Ci Hantap dan Ci Sanghiyang (Makam Syekh Shohib)

Wisata Seni dan Budaya di Jasingan Bogor

Pengrajin Golok Tan Cheng Lim atau dikenal pula dengan nama Golok Tarisi berada di Desa Bagoang
Pengrajin Alat Musik Karinding, Komunitas Kalakay Jasinga dan Komunitas Bilik Jasinga berada Desa Jasinga

Wisata Kuliner Nikmat di Jasingan Bogor

  • Opak Sipak
  • Enye-enye Sipak
  • Goreng Cimplung Cempedak/Nangka Beurit.
  • Nasi Liweut Jasinga
  • Tengteng Goreng
Trending 👉:  Tempat Wisata Alam Di Jakarta Barat

(Jasinga.com)

Lokasi Wisata Situs Garisul Jasinga Bogor

Situs adalah merupakan suatu kumpulan keberadaan Benda Cagar Budaya yang mengandung nilai-nilai Kepurbakalaan, biasanya terhampar dalam suatu area tertentu baik yang berada di tanah dataran maupun perbukitan.

Tempat wisata Makam Islam Situs Garisul Bogor
Tempat wisata Makam Islam Situs Garisul Bogor – Tempat Wisata Bogor Jasinga

Salah satu Situs yang masuk dalam inventarisasi dan Dokumentasi pada Seksi Kebudayaan adalah Situs Garisul Desa Kolong Sawah Kecamataan Jasinga.ditempuh dengan jarak 42Km dari Ibu kota Cibinong.
Pada Situs ini diketahui bahwa peningalan berupa Komplek Pemakaman Kuno,dengan Luas area 3000 menghadap Barat.

Data-data yang di peroleh peninggalan Kesejarahaan ini berkisar sekitar abad ke 15-16 M yang dalam Dekade tertentu merupakan peninggalan jaman Perkembangan dan Kebudayaan Islam.Diketahui lebih lanjut pada salah satu peninggalannya.Menujukkan angka 1021-1031 Hijriah.
Diantara kumpulan makam kuno tersebut ada 9 Makam utama yang merupakan Simbol dari Kepemimpinan ,dari Bentuk Bangunan di ketahui mempuyai Ciri-ciri tersendiri yang merupakan pengaruh kebesaranya.Analisis ini di ambil berdasarkan Makam serta Ketinggian Batu Nisan.
Hasil pengamatan dapat diketahui bahwa diantara ke 9 Makam Kuno tersebut terdapat nama Syekh ishak,Panglima Sultan Hasanudin Banten dan para istrinya,salah satu di antaranya adalah Putri Raja dari Kerajaan Kediri.
Garisul adalah Nama sebuah Perkampungan umum,letak persisnya berada si Desa kolong Sawah Kecamatan Jasinga dengan jarak 1300 m ke arah Utara.
(https://disbudpar.bogorkab.go.id)

Tempat da Obyek Wisata Kampung Urug Sukajaya Bogor

Masyarakat Kampung Urug menganggap bahwa mereka berasal dari keturunan Prabu Siliwangi, raja di kerajaan Pajajaran Jawa Barat. Bukti dari anggapan tersebut di antaranya menurut seorang ahli yang pernah memeriksa konstruksi bangunan rumah tradisional di Kampung Urug, beliau menemukan sambungan kayu tersebut sama dengan sambungan kayu yang terdapat pada salah satu bangunan di Cirebon yang merupakan sisa-sisa peninggalan Kerajaan Pajajaran.

Tempat wisata Kampung Urug Sukajaya Bogor (jabarprov.go.id)
Tempat wisata Kampung Urug Sukajaya Bogor (jabarprov.go.id) – Tempat Wisata Bogor Jasinga

Salah seorang keturunan Prabu Siliwangi yang dianggap leluhur kampung Urug bernama Embah Dalem Batutulis atau Embah Buyut Rosa dari Bogor. Mereka tidak berani menyebut Embah Buyut Rosa, katanya “teu wasa bisi kasiku” (tidak berani takut kena bencana). Asal-usul Kampung Urug berdasarkan latarbelakang sejarahnya memiliki beberapa versi. Perbedaan tersebut bukan terletak pada siapa dan darimana Ieluhur mereka itu, akan tetapi terletak pada masalah tujuan atau motivasi yang menjadi penyebab berdirinya Kampung Urug.

Kata Urug dijadikan nama kampung, karena menurut mereka berasal dari kata “Guru”, yakni dengan mengubah cara membaca yang biasanya dari kiri sekarang dibaca dari sebelah kanan. Kata “Guru” berdasarkan etimologi rakyat atau kirata basa adalah akronim dari digugu ditiru. Jadi seorang guru haruslah “digugu dan “ditiru”, artinya dipatuhi dan diteladani segala pengajaran dan petuahnya.

Trending 👉:  Wisata Waja Kopi Kuningan

Jarak tempuh Kampung Urug dari Ibukota provinsi Jawa Barat lebih kurang 165 kilometer ke arah barat. Jarak dari Ibukota Kabupaten Bogor lebih kurang 48 kilometer, dari kota kecamatan Sukajaya lebih kurang 6 kilometer, sedangkan dari kantor Desa Kiarapandak lebih kurang 1,2 kilometer. Kondisi jalan dari kantor kecamatan Sukajaya ke Kampung Urug berbelok-belok naik turun mengikuti lereng bukit dengan badan jalan yang sempit. Sepanjang jalan dari kantor kecamatan ke kantor kepala desa Kiarapandak sudah beraspal, namun sebagian besar rusak berat. Jalan dari kantor desa ke kampung Urug, beraspal dan kondisinya cukup baik.

Ke lokasi dapat menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Adapun menggunakan angkutan umum dari pertigaan Jasinga-¬Leuwiliang menuju ke Cipatat. Dipertigaan jalan raya Cipatat dan jalan desa bisa menggunakan ojeg sampai ke kampung Urug, atau bisa juga menggunakan mobil Carry dari Jasinga – Leuwiliang sampai ke kampung Urug.

Lokasi:
Koordinat : 6° 34′ 42″ S, 106° 29′ 28″ E
Telepon:
Email:
Internet:
Arah: 165 km ke arah barat Kota Bandung; 48 km ke arah timur Kota Bogor
Fasilitas:
Jam Buka:
Tutup:
Tiket:
Informasi Lebih Lanjut: Kantor Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Bogor
Jl. Segar III Kav. V Komplek Perkantoran Pemda Cibinong Bogor.
(http://www.disparbud.jabarprov.go.id/)

Kolam Alami Curug Cantik Di Bogor Yang Berwarna Toska – Tempat Wisata Bogor Jasinga

Berikut Photo Beberapa Tempat Wisata di Bogor

10 Tempat Wisata Kuliner Keren Unik Di Bogor

Kampung Kurma Jasinga Dekat Situ Kadondong Bogor Gallery

50 Tempat Wisata Di Bogor Untuk Mengisi Hari Libur Anda

Camping Seru Di Puncak Galau Wisata Bogor Dengan

Devoyage Tempat Wisata Terbaru Di Bogor – Tempat Wisata Bogor Jasinga

Bogor Wikipedia – Tempat Wisata Bogor Jasinga

Lokasi Harga Tiket Terbaru Masuk Panorama Pabangbon Bogor

Berwisata Keluarga Wisata Di Jasinga Bogor – Tempat Wisata Bogor Yang Lagi Hits Asyiknya Ke Curug Lontar

TAGS:
air terjun jasinga – Tempat Wisata Bogor Jasinga
tempat nongkrong di jasinga – Tempat Wisata Bogor Jasinga
tempat wisata di jasinga bogor – Tempat Wisata Bogor Jasinga
tempat wisata di daerah jasinga bogor – Tempat Wisata Bogor Jasinga
tempat wisata daerah jasinga bogor – Tempat Wisata Bogor Jasinga
tempat wisata dekat jasinga bogor – Tempat Wisata Bogor Jasinga

About PesonaWisata

Check Also

Gambar Tempat Wisata Di Bandung

Tempat Wisata Menarik Yang Ada Di Bandung 30 Tempat Wisata Di Bandung Yang Instagramable Selalu …

eskort mersin
- istanbul diyetisyen - SEO
eskort mersin
- istanbul diyetisyen - SEO
eskort mersin
- istanbul diyetisyen - SEO